Iklan Anda

You Are Here: Home» Runding » Jadi Tuan Rumah MTQ, Subulussalam Pugar Makam

makam Syekh Hamzah Fansyuri


Media Subulussalam, Runding - Kompleks makam Syekh Hamzah Fansyuri di Desa Oboh, Kecamatan Runding, Kota Subulussalam  akan di lakukan pemugaran oleh pihak pemerintah karena ini dinilai sangat penting.

Pemugaran Tersebut sangat urgen mengingat Pada tahun 2013 mendatang, Pemko Subulussalam menjadi tuan rumah (MTQ) ke 31 Aceh. Tentunya Supaya Masyarkat luas Lebih Tahu mengenai makam Syekh Hamzah Fansury tersebut.

Seperti di ketahui Syekh Hamzah Fansury adalah Seorang ulama dan Penyair sufi terkenal dari Aceh  dan tentu makamnya adalah sebagai salah satu situs sejarah spiritual yang wajib dikunjungi di Kota Subulussalam.

Mengenai pemugaran tersebut wali kota subulussalam manyatakan, “Kalau memang bisa tahun ini sangat kita apresiasi karena sangat mendesak,” kata Wali Kota Merah Sakti Beberapa waktu Lalu.

Menurut Wali Kota lagi, jika pemugaran kompleks makam Syekh Hamzah Fansyuri dapat dilaksanakan pada tahun ini, maka saat perhelatan MTQ yang dijadwalkan Juni tahun depan maka tamu-tamu luar daerah bisa kunjung ke lokasi makam tersebut.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia berencana akan memugar komplek dua makam di Aceh yakni makam Malikulsaleh di Aceh Utara dan Makam Syekh Hamzah di Desa Oboh, Kecamatan Runding Kota Subulussalam.

“Kompleks Makam Malikulsaleh dan makam Hamzah Fansyuri sudah masuk dalam program kegiatan kami dan akan dibangun tahun depan,” kata Wakil Mendikbud, Wiendu Nuryanti Jakarta, Selasa (12/6) lalu.

Menurut Wamen lagi, pemerintah menganggarakan Rp 10 miliar untuk pembangunan cagar budaya Tersebut. (ms)


Tags: Runding

0 komentar

Leave a Reply